Prev

Next

Kunjungan Meneg PP-PA Berbagai kasus TKI bermasalah hanyalah muara dari berbagai permasalahan pengiriman, dan perlindungan TKI yang 80–90 persen terjadi di dalam negeri. Jika permasalahan di dalam negeri ini tidak dibenahi, maka TKI bermasalah akan terus terjadi. Untuk membenahi persoalan ini, Meneg PP-PA terbang ke Kota Tarakan dan Kab. Nunukan, Kalimantan Timur.

Read more

Tarakan Dapat Adipura Lagi TARAKAN - Untuk keempat kalinya, Tarakan menerima anugerah piala Adipura. Ini membuktikan bahwa seluruh masyarakat Tarakan dapat mempertahankan citra Tarakan sebagai kota yang bersih. Piala Adipura ini rencananya akan diserahkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Wali Kota Tarakan H Udin Hianggio, di istana negara Selasa (8/6) hari ini. “Ini wujud evaluasi penilaian kinerja kita secara menyeluruh. Tidak hanya pemerintah, namun seluruh pemangku kepentingan dalam konteks pembangunan,” kata Sekretaris Kota Tarakan Drs H Badrun MSi.

Read more

An image in a post Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit....

Read more

Home Purchase Loan We all dream to own a home, at some point in our lives. In fact, this is a major driving force or one of the goals we have ahead while working day and night and saving a good share of the earnings every month. But, with lots of banks and financial institutions around offering home purchase loans in various forms, things...

Read more

twitter

Jumat, 03 September 2010

Kota Tarakan

 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kota Tarakan
Lambang Kota Tarakan
Lambang Kota Tarakan
Lokasi Kalimantan Timur Kota Tarakan.svg
Peta lokasi Kota Tarakan
Koordinat : 3°14'23"-3°26'37" LU
117°30'50"-117°40'12" BT
Motto BAIS (Bersih, Aman, Indah, Sehat, dan Sejahtera)
Provinsi Kalimantan Timur
Luas 657,33 km²
Penduduk
· Jumlah 178.111 (2008)
· Kepadatan 270,96 jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 4
· Desa/kelurahan 20
Dasar hukum UU RI No. 29 Tahun 1997
Tanggal 15 Desember 1997
Walikota Udin Hianggio
Kode area telepon 0551

     

  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Kota Tarakan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 657,33 km² dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Catatatan Sipil dan Keluarga Berencana Kota Tarakan pada bulan Maret 2006 berpenduduk sebanyak 178.111 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka adalah sebuah pulau yang terletak di utara Kalimantan Timur.


Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota BAIS (Bersih, Aman, Indah, Sehat, dan Sejahtera).

Sejarah

     Tarakan menurut cerita rakyat berasal dari bahasa tidung Tarak (bertemu) dan Ngakan (makan) yang secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Selain itu Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau

Era Kerajaan Tidung
       Tempo dulu di Pulau Tarakan pernah berdiri sebuah Kerajaan dengan nama Kerajaan Tarakan(Tidung), Pusat pemerintahannya yang pertama adalah didaerah Binalatung dan terus berpindah hingga ke daerah Pamusian.
Era Hindia Belanda

       Ketenangan masyarakat setempat agak terganggu ketika pada tahun 1896, sebuah perusahaan perminyakan Belanda, BPM (Bataavishe Petroleum Maatchapij) menemukan adanya sumber minyak di pulau ini. Banyak tenaga kerja didatangkan terutama dari pulau jawa seiring dengan meningkatnya kegiatan pengeboran. Mengingat fungsi dan perkembangan wilayah ini, pada tahun 1923 perkembangan wilayah ini, pada tahun 1923 Pemerintah Hindia Belanda merasa perlu untuk menempatkan seorang Asisten Residen di pulau ini yang membawahi 5 (lima) wilayah yakni; Tanjung Selor, Tarakan, Malinau, Apau Kayan dan Berau. Namun pada masa pasca kemerdekaan, Pemerintah RI merasa perlu untuk merubah status kewedanan Tarakan menjadi Kecamatan Tarakan sesuai dengan Keppress RI No.22 Tahun 1963.
Era kemerdekaan

      Letak dan posisi yang strategis telah mampu menjadikan kecamatan Tarakan sebagai salah satu sentra Industri di wilayah Kalimantan Timur bagian utara sehingga Pemerintah perlu untuk meningkatkan statusnya menjadi Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 1981.

     Status Kota Administratif kembali ditingkatkan menjadi Kotamadya berdasarkan Undang-Undang RI No.29 Tahun 1997 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997, sekaligus menandai tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Kota Tarakan.

0 komentar:

Posting Komentar